Akuntansi dan Laporan Keuangan
Bbeberapa pakar mendefinisikan ilmu akuntansi sebagai proses mengidentifikasi, mengukur, mencatat, dan mengkomunikasikan atau melaporkan transaksi – tranksaksi yang terjadi dalam suatu organisasi kepada pihak – pihak yang berkepentingan. Transaksi yang dimaksud adalah kejadian - kejadian yang bersifat keuangan dan mempengaruhi posisi keuangan perusahaan. Dengan kata lain, akuntansi atau pekerjaan akuntansi adalah proses mencatat semua kejadian yang bersifat keuangan (transaksi) dan melaporkannya dalam bentuk yang lazim disebut laporan keuangan – untuk dikomunikasikan kepada para pengguna.
Pihak pihak yang berkepentingan terhadap akuntansi
· Manager : untuk mengetahuimaju mundurnya perusahaan
· Pemilik : untuk mengetahui seberapa besar laba yang menjadi bagiannya
· Kreditor/investor : untuk mengetahui tingkat keamanan modal yang dipinjamkan kreditur untuk orang yang meminjamkan uangnya kepada orang lain
· Karyawan : untuk melihat apakah balas jasa yang diterimany apakah sudah selesai dengan prestasi yang diberikan / belum
· Pemerintah : untuk menetukan besar nya pajak yang harus dibayar
Prinsip- prinsipp akuntansi
Prinsip akuntansi yang berlaku di indonesi asejak tahunb 1974 adalah prinsip akuntansi Indonesia (PAI) yang disusun berdasarkan penelitian paul Grady (AS) tentang prinsip akuntansi yang berlaku di Amerika Serikat . Jadi PAI adalah sebagai pedoman atau mengatur pembuatan laporan keuangan dan sebagai pedoman pengolahan data akuntansi. Prinsip – prinsip harus selalu konsisten berlaku umum, dan tidak menyimpang dari aturanyangg berlaku .
Laporan keuangan
Jenis laporan keuangan yaitu ada 3, antara lain :
Laporan Rugi / Laba (Income Statement)
Laporan R/L adalah suatu laporan yang menunjukan hasil usaha dan biaya yang menjadi beban perusahaan selama satu periode akuntansi. Hasilnya dan beban yang tujuannya adlah untuk mengukur kemajuan atau perkembangan perusahaan dalam menjalankan fungsinya selama periode tersebut.
Laporan Perubahan Modal ( Capital Statement)
Laporan perubahan modal adalah laporan yang menunjukan perubahan – perubahan modal ( dari modal awal menjadi modal akhir selama periode akuntansi )
Unsur – unsur laporan perubahan modal adalah :
· Modal awa 1/1
· Modal Akhir 31/12
· Laba/Rugi tahun ini
Laporan Neraca ( Balance Sheet)
Laporan neraca adalah sutau laporan yang menunjukan keadaan suatu perusahaan pada waktu tertentu .Bentuk laporan neraca ada 2 ,yaitu :
· Scontro
· Stafel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar